Sunday, July 2, 2017

OYBR 2 Juli

Renungan One Year Bible Reading versi Deeper Bible:

Bacaan : Amsal 25-29

Nats : Amsal 29:17 (TB)  Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

1. APA yg Tuhan sampaikan (dgn bacaan tsb)?
Kata Didiklah, beberapa versi menyebutkan dengan kata tegurlah dan discipline.

Arti kata didik/mendidik : memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Arti kata tegur : memperingatkan, menasihatkan

Arti kata discipline : the practice of training people to obey rules or a code of behavior, using punishment to correct disobedience.

Bagi saya sebagai orang tua dan pengajar ayat ini berbicara dengan luar biasa untuk menunjukkan bahwa saya perlu melakukan disiplin yang baik bagi anak saya dan murid-murid saya. Disisi lain, ayat ini berbicara dengan keras bahwa saya harus mendisiplinkan diri, siap belajar terus (mendapatkan didikan juga) dan siap ditegur.

2. MENGAPA Tuhan sampaikan itu?
Buat saya bagian ini menunjukkan bahwa ketentraman dan kebahagiaan hidup salah satunya adalah mempunyai anak yang baik. Anak yang terdidik dengan baik. Mendidik anak adalah sebuah tugas yang tidak mudah, bukan sekedar tugas sampingan. Bukan tugas salah satu istri atau suami saja. Sebagai orang tua mendidik dalam kebenaran adalah keharusan, disinilah tantangannya bahwa kita yang menjadi orang tanya harus terlebih dahulu intim dan dekat dengan Sumber Kebenaran itu sendiri.

3. APA yang harus saya LAKUKAN?
- belajar menjadi orang tua dan pengajar yang mengandalkan kasih dan kebenaran
- terus memperlengkapi diri dengan pengetahuan yang baru
- belajar mendisiplinkan diri termasuk membaca Alkitab salah satunya
- menunggu hasil proses disiplin yang baik yang akan menghasilkan buah yang baik

No comments:

Post a Comment