Tuesday, August 8, 2017

OYBR 9 Agustus

Renungan One Year Bible Reading versi Deeper Bible:
Yeremia 12,13,14,15

Nats:
Yeremia 15:16 (TB)  Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Yeremia 15:16 (BIMK)  Engkau berbicara kepadaku, dan aku mendengarkan setiap perkataan-Mu. Aku milik-Mu, ya TUHAN Allah Yang Mahakuasa, karena itu perkataan-perkataan-Mu menyenangkan dan membahagiakan aku.

Yeremia 15:16 (VMD)  Perkataan-Mu datang kepadaku, dan aku memakannya. Itu membuat aku sangat bahagia. Aku gembira disebut menurut nama-Mu, TUHAN Yang Mahakuasa.

1. APA yg Tuhan sampaikan (dengan bacaan tersebut)?
Pentingnya bertemu Tuhan/makan firmanNya.
Yohanes 6:51 (TB) 
Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

2. MENGAPA Tuhan sampaikan itu?
Perikop tentang pergumulan nabi Yeremia ini menyatakan pada saya bahwa apapun pergumulan, permasalahan dan segala bentuk keluh kesah semua orang pasti mengalaminya, tidak terkecuali seorang nabi sekalipun. Saya tidak sendiri itu intinya. Dan saya menemukan kekuatan dari pergumulan Yeremia ini.

Jawaban Tuhan pada Yeremia sangatlah membuat saya dikuatkan:
Yeremia 15:19-21 (VMD)  Kemudian TUHAN mengatakan, “Yeremia, jika engkau bertobat dan kembali kepada-Ku, Aku tidak akan menghukummu. Jika engkau bertobat dan kembali kepada-Ku, engkau akan melayani-Ku. Jika engkau mengatakan yang penting dan bukan kata-kata yang tidak berguna, engkau dapat menjadi juru bicara-Ku. Orang Yehuda harus bertobat dan kembali kepadamu, tetapi engkau jangan berubah menjadi seperti mereka.
Aku akan membuat engkau kuat. Mereka akan berpikir bahwa engkau kuat seperti tembok tembaga. Mereka akan memerangimu, tetapi tidak dapat mengalahkanmu, sebab Aku bersamamu. Aku menolong dan menyelamatkanmu.” Demikianlah firman TUHAN.
“Aku akan menyelamatkan engkau dari orang jahat. Mereka menakuti engkau, tetapi Aku menyelamatkan engkau dari mereka.”

3. APA yang harus saya LAKUKAN?
Lebih banyak belajar untuk bersaat teduh.
Mengandalkan Firman Tuhan dan memperkatannya menjadi kekuatan setiap hari.

No comments:

Post a Comment