Thursday, January 17, 2019

Semangat (dari yang) Kecil



“Jika Anda ingin bahagia, tetapkan sasaran yang membangkitkan pikiran, membebaskan energi, dan menginspirasi harapan Anda.” – Andrew Carnegie


“Mau yang mana nih? Dibikinin atau bikin sendiri?” Kata si bapak sambil menunjukkan sekaleng susu kental manis dan kopi bubuk tanpa merek yang baunya lumayan enak semerbak. Tentu saja saya jawab, “ya jelas mau dibikinin dong pak? biasa pak  lagi ribet ruwet sendiri ini.” Dan selang beberapa menit kemudian segelas kopi susu tersaji didepan saya, nggak cuma nikmat tapi juga memberi semangat lebih di pagi ini setelah tadi berangkat saya kehujanan. Saya ucapkan terimakasih, dan senyumnya mengembang lebar sambil berlalu mengerjakan bagiannya yang lain lagi, sementara saya masih tidak beranjak dari tempat duduk saya di depan komputer, kemudian saya berpaling memandang kopi yang mengepulkan asap tipis siap di seruput.

Bukan hal yang besar yang mungkin bisa dilakukan oleh seseorang untuk membuat orang lain itu menjadi senang, bahagia atau bertambah semangatnya. Justru kebanyakan hal-hal kecil dan sederhanalah yang membuat orang jadi berubah suasana hati, pikiran dan tindakannya. Persis seperti apa yang dilakukan oleh pak office boy tadi pagi pada saya.

No comments:

Post a Comment