Friday, January 4, 2019

MEMPENGARUHI

"Bebaskan dirimu dari kerumitan dan drama oleh kehidupan. Sederhanakanlah. Lihat lebih dalam. Kita semua memiliki bakat dan talenta masing-masing. Kita harus menjalankan berkat yang telah diberikan sesuai dengan tujuan hidup kita." Steve Maraboli

Saya senang menulis, meskipun tulisan saya sederhana sekali dan hanya seputar hal-hal yang saya alami dalam keseharian, tapi buat saya selain memotret kehidupan dalam tulisan, banyak hal yang saya pelajari tidak akan hilang menguap begitu saja dalam ingatan. Buat saya menulis adalah sebuah kenikmatan tersendiri, merangkai kata dan menceritakan ulang sebuah peristiwa adalah sebuah berkat, ya berkat karena saya bisa melihat dan merasakan berbagai hal dengan cara dan sudut pandang saya sendiri.

Malam kemarin seperti biasa, saat stalking di sebuah akun penulisan, saya menemukan sebuah kesempatan untuk ikut merangkai cerita singkat dengan sebuah kata tema wajib dan lokasi untuk menjelaskannya dalam sebuah format. Saya menemukan dan mengikutinya sudah lama sebenarnya, sebelum ada Instagram, masih dengan Twitter dan website. Dan memang menjadi keasyikan tersendiri mengikuti tantangan sederhana ini, membaca mereka yang piawai merangkai kata dan menerjemahkannya dalam sebuah cerita adalah sebuah pembelajaran baru, iya selalu baru buat saya, memikirkan sebuah ide dan dan menyelesaikanya itu adalah pencapaian.

Dan malam tadi, saya mengirimkan link menulisnya ke teman lama, seorang ibu rumah tangga yang juga aktif menulis, peduli dengan tumbuh kembang anak, menjadi host di radio dan penyuka buku. Dan hasilnya, dia ikut menulis juga. Senang, tentu saja, karena mengajak seseorang untuk menulis itu tidak mudah. Apalagi menulis dengan tema dan tenggat waktu bukan perkara kecil untuk mereka yang tidak biasa. Tapi yang penting dari semuanya adalah pengaruh, maksudnya adalah ajakan kita adalah sebuah pengaruh bagi orang lain. Apapun bentuknya dan caranya, saya memilih mempengaruhi dengan cara mengajak menulis. Itu adalah kebahagian, karena mereka yang terpengaruh sedang mengembangkan bakat dan talentanya. Dan itu juga adalah pencapaian.

Dan menulis lagi di awal tahun ini, lagi-lagi adalah pencapaian juga buat saya.

No comments:

Post a Comment