Thursday, January 12, 2017

Setelah Masa Berkabung

"Burung berkicau setelah badai; mengapa manusia tidak boleh merasa sama bebasnya untuk menikmati apa pun yang tersisa bagi mereka?" - Rose F.Kennedy

"Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar." 1 Petrus 3:14 (TB)

Bagaimana rasanya setiap hari memimpin ibadah penguburan untuk 40-50 orang? Saya tidak bisa membayangkannya namun itulah yang dilakukan oleh seseorang bersama Martin Rinkart di sebuah kota bersama Eilenburg sekitar tahun 1637. Saat itu perang tengah berkecamuk dan kota itu dipenuhi oleh pengungsi yang kelaparan juga mereka yang menderita penyakit menular bahkan terjadi wabah sampar. Satu-satunya pendeta yang berani tinggal disana hanya dia seorang. Bahkan dia juga memimpin upacara penguburan anaknya sendiri. Namun di tengah kesulitan dan keadaan yang menyakitkan itu dia menulis sebuah doa untuk anak-anaknya yang kemudian menjadi lagu Kidung Jemaat berjudul "Sekarang Bersyukur"

Bagaimana mungkin seseorang bisa begitu kuat dan masih bisa bersyukur di saat menurut saya tidak mungkin melakukannya. Saya bisa mengerti mengapa Petrus di masa itu menuliskan penguatan dan semangat ini kepada jemaat di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia dan Bitinia (1 Petrus 1:1) karena mereka pun mengalami penderitaan ragani dan jiwani. Namun janji dari kebenaran firmanNya adalah bahwa hasil akhirnya adalah kebahagiaan. Sama seperti yang di rasakan oleh Paulus seperti yang dikatakannya di 2 Korintus 7:4 (TB), "Aku sangat berterus terang terhadap kamu; tetapi aku juga sangat memegahkan kamu. Dalam segala penderitaan kami aku sangat terhibur dan sukacitaku melimpah-limpah."

Mengamini bahwa kunci dari rasa syukur dan kebahagiaan Martin Rinkart, Petrus, Paulus dan bisa jadi saya dan anda juga seperti di ayat yang terkenal ini, 1 Korintus 13:13 (BIMK)  "Jadi, untuk saat ini ada tiga hal yang kita harus tetap lakukan: percaya, berharap dan saling mengasihi. Yang paling penting dari ketiganya itu ialah mengasihi orang-orang lain."

"Burung berkicau setelah badai; mengapa manusia tidak boleh merasa sama bebasnya untuk menikmati apa pun yang tersisa bagi mereka?" - Rose F.Kennedy

No comments:

Post a Comment