Sunday, January 8, 2017

Mustahil

Yesus memandang mereka lalu berkata, "Untuk manusia, itu mustahil! Tetapi untuk Allah, semua mungkin." Matius 19:26 (BIMK) 

Ketika menyapu halaman pagi itu saya menemukan sebuah kejadian yang cukup langka menurut saya. Buah ceri kersen yang jatuh dan menancap di pot kecil yang saya taruh di atas batu sebagai hiasan di depan rumah. Untuk sekian banyak buah yang matang di atas pohon dan kemudian jatuh begitu banyak setiap hari berapa banyakkah akan terjadi peluang seperti kejadian yang saya lihat pagi ini? Saya sendiri tidak tahu pastinya. Tapi untuk hal-hal di luar kendali kehidupan kita dan yang mustahil atau tidak mungkin terjadi itu bisa terjadi, dan hanya Tuhan saja yang mampu melakukannya.

Barangkali Tuhan mengajak saya belajar tentang sebuah ketidakmungkinan, kemustahilan itu adalah hal yang sebenarnya "biasa" menurut kacamata Surga. Bahwa apa yang tampaknya terlihat, atau kadang juga tidak begitu terlihat sekalipun bisa menunjukkan karya Tuhan. Bahkan hal sederhana pagi ini pun bisa membawa pada perenungan saya yang sangat mendalam, Dia masih dan terus akan membuat sebuah hal yang tampaknya mustahil menjadi mungkin.

Saya bersyukur di ajar untuk tetap melihat bahwa secara lahiriah dan yang terlihat banyak hal terjadi sekarang tampak tidak ada jalan keluar tapi Yesus berkata, " ... semua mungkin!" Jadi kalau buah ceri kersen itu bisa menancap di terbelah di pot, apalagi hidup saya, yang mustahil pasti menjadi mungkin.

"Musibah adalah peluang untuk mengendarai angin yang berbahaya." Pepatah Cina

No comments:

Post a Comment