Saturday, January 21, 2017

Menikmati

"Maka aku boleh menikmati hidup di dunia ini, di dalam perlindungan TUHAN." Mazmur 116:9 (BIMK) 

Bagaimana kalau kita boleh memilih untuk mengakhiri hidup ini alias bunuh diri tanpa ada yang menghalangi bahkan ada yang membantu? Bisa jadi mungkin ini adalah satu-satunya institusi yang berani melakukan euthanasia atau membantu mengakhiri kehidupan seseorang dengan sukarela, namanya adalah SOARS (Society for Old Age Rational Suicide) didirikan pada 10 Desember 2010 yang berada di Swiss. Pensiunan dokter yang mendirikan klinik ini mengaku telah membantu kira-kira tiga ribu orang yang memilih mengakhiri hidupnya.

Kematian raja Saul adalah contoh dari bunuh diri atau euthanasia (1 Samuel 31:1-6). Saul tidak mau orang-orang Filistin menemukan dirinya tetap hidup. Dia tahu mereka akan menyiksa dia. Kemudian dia meminta pembawa senjatanya untuk membunuhnya. Tetapi ketika pembawa pedang itu menolak, Saul menjatuhkan dirinya ke atas pedangnya sendiri dan mati. Saul melakukan bunuh diri, dan dia melakukan itu supaya mencegah penderitaan. Dia membunuh dirinya sendiri dan itu adalah perbuatan dosa (Keluaran 20:13).

Sesungguhnya memang tidak mudah menjalani kehidupan, bahkan sebagian besar pasti merasakan kesusahan dan kesulitan. Namun demikian layakkah kita menyerah? Saya pikir tidak. Dan bersyukur juga menikmati kehidupan adalah salah satu cara merayakan kebaikan Tuhan, bagaimana Dia memberikan kesempatan dan tujuan untuk berada di dunia ini.

"Gunakan masa-masa indahmu untuk menjalani kehidupan sepenuhnya, setiap saat, setiap hari." - Marcia Weider

No comments:

Post a Comment