Monday, January 9, 2017

Melatih Kebahagiaan

"Siapa tekun berbuat baik, akan hidup bahagia..." Amsal 11:19 (BIMK) 

The Power Of Half adalah judul sebuah buku yang di tulis oleh seorang remaja bernama Hannah Salwen dan juga ayahnya. Buku ini menceritakan bagaimana dirinya meyakinkan keluarganya untuk bersama-sama membuat sebuah perubahan yang baik bagi dunia. Dan yang akhirnya mereka lakukan adalah menjual rumah tempat tinggalnya dan kemudian tinggal di tempat yang lebih kecil, sementara hasil penjualannya disumbangkan untuk kegiatan kemanusiaan. Kisah ini mengajarkan bagaimana sebuah hubungan dapat membuat sebuah kebahagiaan yang tidak hanya dimiliki seorang remaja saja, namun juga keluarga dan bahkan memberi dampak kebahagiaan bagi orang lain yang mereka tidak kenal.

Berbuat kebaikan adalah salah satu cara melatih jiwa dan roh kita untuk berbagi, dan salah satu hasilnya adalah kebahagiaan. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan yang saya meresapi dan menemukannya, di antaranya adalah:
1. "Kalau berbuat baik, upahnya ialah hidup bahagia..." Amsal 10:16 (BIMK) 
2. "Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan." Matius 5:7 (TB) 
3. "Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima." Kisah Para Rasul 20:35 (TB). Tiga alasan sederhana ini yang membuat saya bersemangat melatih kebahagiaan saya supaya orang lain boleh berbahagia juga.

"Kebahagiaan adalah perasaan yang harus dilatih, seperti biola." - John Lubbock

No comments:

Post a Comment