Monday, January 16, 2017

Sikap Pada "Lelucon"

"dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar" Kolose 1:11 (TB) 

Kisah ini sudah banyak di tulis ulang dan di ceritakan kembali karena nilai isinya yang bagus sekali. Diceritakan seorang bijaksana sering didatangi oleh banyak orang dengan keluhan yang sama. Ketika orang banyak berkumpul ditempatnya ia mulai menceritakan sebuah lelucon yang membuat semua orang tertawa terbahak-bahak. Sesaat kemudian ia menceritakan kisah lelucon yang sama dan hasilnya hanya beberapa orang saja tersenyum. Dan hingga ketiga kalinya dia masih saja menceritakan lelucon yang sama dan tidak ada satu orang pun yang datang tertawa bahkan tersenyum saja tidak. Lalu orang bijaksana ini berkat, "Kalian tidak bisa tertawa untuk sebuah lelucon yang sama yang aku ceritakan berulang kali. Bagaimana kalian bisa mengeluh untuk satu hal yang sama juga?"

Tanpa sadar kita sering berkeluh kesah dan mengulang-ulang sebuah masalah yang sama. Bisa jadi memang kita mengambil sebuah sikap yang bisa dibilang aneh, nyaman dengan kondisi yang susah namun enggan meninggalkannya atau tidak mau menyelesaikannya. Padahal sebenarnya kita bisa mengakhirinya dengan mengambil keputusan yang jelas, berhenti mengeluh dan berhenti bersikap menyebalkan! Haaah...mudah? Tentu saja tidak, namun selalu dengan bantuan Tuhan, bukan karena kuat dan gagah kita. Ayat ini berbicara dengan jelas dalam 1 Korintus 10:13 (BIMK) mengatakan, "Setiap cobaan yang Saudara alami adalah cobaan yang lazim dialami manusia. Tetapi Allah setia pada janji-Nya. Ia tidak akan membiarkan Saudara dicoba lebih daripada kesanggupanmu. Pada waktu Saudara ditimpa oleh cobaan, Ia akan memberi jalan kepadamu untuk menjadi kuat supaya Saudara dapat bertahan."

Kalau saya kurang bersyukur dan merasa sengsara dengan keluhan yang datang dalam bentuk masalah apapun berarti saya masih mengulang-ulang "lelucon" yang sama. Saya harus mengambil sikap, saya kuat dan bertahan karena Allah bersama saya dalam setiap cobaan.

"Satu-satunya ketidakmampuan dalam hidup adalah sikap yang menyebalkan." - Scott Hamilton

No comments:

Post a Comment