Monday, March 14, 2016

Belajar Sopan

Arti kata sopan santun/so·pan san·tun/ n menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah budi pekerti yang baik; tata krama; peradaban; kesusilaan.

Saya mengutip kata sopan diatas untuk mengingatkan diri saa sendiri. Entah itu digunakan jelas pada keadaan atau pun pada seseorang terutama yang lebih tua usianya dari saya. Sebenarnya memang saya jengkel alias kesal bin bete gara-gara masalah parkir.

Sore sebelum menjemput istri kadang saya mampir ke sebuah warkop dipinggir jalan. Memang nggak ada tempat pas yang buat parkir karena saya juga biasanya parkir mepet di depan gerbang rumah seseorang. Nah ceritanya sudah ada sebuah mobil model city car yang sudah nangkring mepet sampai dekat tempat nyuci gelas warkop, jadi akhirnya saya sedikit mepet lagi. Eh, lagi asyik ngobrol tiba-tiba saya diminta mindahin motor oleh si tukang warkop. Lha waktu mindahin motor yang punya mobil, ibu-ibu setengah baya sok kaya dan songong gayanya tanpa melihat muka sedikit teriak dengan nada nggak enak pada saya, " kalau parkirnya kaya gitu gimana saya bisa mundurin mobil..."
Uaaaseem....saya menahan diri sambil melotot sih, maaf ya saya memang nggak punya mobil dan nggak bsmisa nyetir tapi paling nggak saya pernah belajar nyetir pakai mobil bapak saya, bisa tahu kok...itu masih lega dan lebar kalau cuma mau mundur kebelakang, belokin ke arah kiri baru maju.

Akhirnya saya nanya sama tukang warkopnya, ternyata dia juga nggak tahu plus nggak kenal siapa ibu-ibu songong tadi. Kayaknya tamu kantor di seberang jalan. Cukup ngelus dada saja sambil ngelanjutin ngobrol sama tukang jualan nasi dari Malang yang benar-benar sudah malang melintang di dunia hitam dan jakarta.

Ah, semoga kalau berkahnya saya bisa punya mobil saya harusnya belajar ngalah dan lebih sopan lagi. Paling nggak bisa mengingat lagi kalau saya pernah naik motor dan kadang cuma disepelekan saja.

No comments:

Post a Comment