Saturday, April 25, 2020

KOLAK


Menurut Wikipedia ini adalah arti dari Kolak. Kolak atau kolek adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Pada umumnya, kolak hanya tersedia pada bulan Ramadhan saja.

Memang kita tidak berpuasa, tapi kami juga ikut merayakan kemeriahannya meskipun dari rumah. Jadilah siang Kita belanja di budhe sayur langganan, sekalian beli sayur buat masak juga beli bahan-bahan buat kolak. Pisang kepok, ubi rambat kuning oranye, kebetulan ada kolang-kaling, santan instan, dan gula merah. Kalau pandan sih saya punya banyak nanam di belakang rumah. Setelah masak buat makan selesai, Oma dan Mami sibuk menyiapkan kolaknya, setelah jadi eh si Pumpkin malah duluan yang mencobanya. Karena pengen saya juga menyantap semangkuk dengan lahap.

Sore sebelum maghrib dan buka Puasa pertama, semangkuk kolak kami bagikan ke tetangga sebelah kanan dan kiri rumah. Kami mengucapkan selamat berpuasa dan semoga makanan sederhana ini bisa dinikmati. Indahnya kebersamaan dan tetangga, karena kita juga sering dapat oleh-oleh dan makanan dari mereka juga. Seperti kata ulama dan intelektual dari Turki, Bediuzzaman Said Nursi, "Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu, sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu mandeg."

Meskipun hidup dikompleks perumahan, Indonesia masih ada kekeluargaan dan kebersamaan ya.

No comments:

Post a Comment