Thursday, March 19, 2020

Mesin Cuci 20Ribu


Akhirnya setelah menunggu dari dua hari yang lalu, hari ini si bapak tukang barang bekas lewat juga depan rumah. Segera saya hentikan dia dan menawarkan mesin cuci bekas yang sudah hampir setahun teronggok mati rusak di belakang rumah. Bahkan kemarin sampai ada tikus mati di dalamnya bikin bau dan repot juga mengeluarkannya. Si bapak berhenti kemudian memarkirkan motor bergerobak didepannya itu lalu saya ajak kebelakang rumah, saya tanya dia, "kuat nggak Pak ngangkatnya, kayaknya berat nih." Dia jawab, "enggak mas, tenang aja saya kuat kok, ini kan bukan besi semua." Eh, benar juga dengan sekali angkat dia bawa sampaindia masukkan ke dalam gerobaknya. 

Selesai menata digerobaknya, dia menghampiri saya, jadi mau dijual berapa nih mas? Soalnya banyak plastiknya juga nih, nggak bisa mahal. Saya bilang ke istri, gimana, dia jawab terserah aja. Ya sudah, akhirnya saya jawab ke bapaknya, terserah saja lakunya berapa. Dan kemudian dia mengeluarkan uang selembar dua puluh ribuan. Wow, penyusutan harganya luar biasa ya, dulu awal beli, eh kredit maksudnya harganya dua jutaan, setelah sekian lama sampai rusak hanya tinggal dua puluh ribu saja.

Iya, umurnya si mesin cuci ini memang seumur si pumpkin, setelah tiga bulan saya nyuci pakai tangan akhirnya bisa nyicil mesin cuci jadinya nyucinya nggak capek lagi. Sampai tahun kemarin, akhirnya jebol dan nggak bisa dipakai lagi. Merek ini memberi bukti memang awet dan kuat sampai benar-benar titik darah penghabisan kalau seperti pejuang. Puas banget pakainya dan sangat terbantu dengan keberadannya. Tapi memang semua ada umurnya, semua ada akhirnya. Sama dengan keadaan sekarang, semua pasti akan berakhir, memang akan ada bagian yang nggak enak dan menyedihkan, tapi namanya perjalanan harus melewatinya. Kata-kata yang sering sekarang ditulis dan digaungkan "This too shall pass" pasti akan berlaku pada waktunya. Eh, ngomongin mesin cuci kok sampai virus, ya nggak papalah ya, disambung-sambungin aja. Segala sesuatu pasti Ada akhirnya, itu!

"Satu mesin dapat melakukan pekerjaan dari lima puluh orang biasa. Mesin tidak dapat melakukan pekerjaan luar biasa seseorang." Elberd Hubbard

No comments:

Post a Comment