Wednesday, December 4, 2019

Nggak Ada Dorongannya


"Mereka yang menunggu sampai memiliki kemampuan untuk melakukan semua kebaikan besar pada saat bersamaan akan berakhir dengan tidak pernah melakukan apa-apa." Samuel Johnson

Kelas hampir berakhir saat saya mendengar riuh anak-anak mulai bersiap dan bernyanyi "Sayonara", dari pintu samping muncul Pak OB, kemudian menawarkan pada saya minum kopi bersama. Saya bilang belum waktunya minum kopi lagi, karena pagi sudah ngopi. Selesai dia mengaduk kopinya dan membawa kopinya mendekat pada saya kemudian bilang, "enak ngopi tapi nggak ada dorongannya nih!" Saya tahu maksudnya, ngopi nggak ada camilannya memang kurang pas. Nah, kebetulan tadi pagi memang ada salah satu nenek dari murid yang baik hati berbagi kue buatannya, dan kita semua memang belum sempat mencicipi. Saya melihat lirikan mata Pak OB pada kue diatas meja, langsung tanpa banyak kata saya tawarkan saja padanya, "ambil saja pak, tuh ada dorongannya di meja." Jawabnya, "wah, boleh nih Pak, saya ambil yaah." Kemudian dia mengambil kue dan melangkah kembali keluar ruangan menuju ke depan dimana dia biasa berjaga.

Saya senang meskipun bukan saya yang berbagi langsung, saya membagikan kue yang di juga dibagikan buat kami, jadilah kami semua bisa menikmati kue itu bersama-sama. Camilan setelah makan siang, meskipun nggak pakai kopi tapi tetap nikmat. Berbagi pas nggak Ada yang bisa dibagikan tapi bisa melakukannya itu kebahagiaan tersendiri. Dan jika masih ada kesempatannya saya masih mau melakukannya. Tidak perlu alasan sebenarnya, tapi kalau alasannya karena nggak ada ya apa boleh buat. Hehehehe...yang penting sayaembagikan senyum dulu di aqal pembicaraan, biar tidak membuat suasana yang panas semakin panas. Jadi bisa berbagi apa saja kali ini? Mari kita mencobanya dengan apa yang kita punya dan apa yang kita bisa. Selamat berbagi.

No comments:

Post a Comment