Thursday, November 8, 2012

MENYEBERANG




Menyeberang jalan itu mungkin perkara yang mudah bagi anda, tapi tidak mudah melakukannya jika anda akan menyeberang jalan di Jakarta. Dibutuhkan keberanian, kecepatan dan kegesitan dalam menyeberang, selain itu juga kuat menahan emoasi karena anda kan bertemu dengan angkot yang selonongan, pengendara motor yang bahkan lebih galak meskipun salah dan mobil-mobil pribadi yang juga kadang enggan memberi jalan. Serius aja ya...kayanya curhat pribadi ini. Weiiits...enggaklah.
Nah, tadi malam saya melihat saat tiga orang buta menyeberang jalan bersama-sama. Tampaknya hanya menyeberang ya, namun menurut saya itu bukan perkara mudah untuk mereka. Saya belajar lewat apa yang mereka lakukan bahwa dalan hidup ini:

1.     Keterbatasan itu bukan halangan.
Bagi saya kebutaan itu adalah batasan, karena tanpa melihat akan sangat menyulitkan untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun bagi mereka yang terlahir buta dan sudah terbiasa, ketiadaan penglihatan bukan sebuah halangan lagi. Itu adalah bagian kehidupan yang normal. Saya masih sering melihat diri saya dengan banyak batasan, halangan yang kadang menyulitkan saya untuk ‘menyeberang’ dalam hidup saya. Dan saya bersyukur bisa belajar tentang keterbatasan, bahwa selagi kita mau berusaha, kita bisa mengalahkan batasan itu.

2.     Kerjasama itu penting.
Dua orang yang dibelakang memegang pundak orang yang didepannya, sedangkan orang yang palin depan mengacungkan tongkatnya memeberi tanda untuk mulai berjalan dan menyeberangi jalan, dengan pelan tapi pasti mereka berhasil melewati jalan itu sampai deseberangnya. Kita akan selalu membutuhkan pertolongan orang lain dalam hidup ini, dan orang-orang yang paling dekat dalan hidup kitalah yang biasanya kita andalkan untuk menolong kita. Apakah kita tetap saling berpegangan dengan mereka?

3.     Keindahan hidup bukan hanya terlihat oleh mata.
Mata saya sudah tidak normal, tidak buta sih..hanya minus saja. Dan akibatnya saya harus menggunakan kacamata untuk melihat sesuatu supaya terlihat terang dan jelas. Namun kadang keindahan itu justru tidak tampak dengan pengelihatan semata, ada pertemanan, kasih sayang, kepedulian dan semuanya hanya dengan perasaan yang dalam kita dapat melihatnya.

Selamat menyeberang, berharap melihat kehebatan-kehebatan yang lain saat anda melakukannya J




No comments:

Post a Comment