Sunday, June 19, 2022

Dari "Ngeri Ngeri Sedap" Aku Belajar Sesuatu!


Dari "Ngeri Ngeri Sedap" Aku Belajar Sesuatu!

Tidak mudah jadi orang tua, pun jadi anak, dan juga bersaudara. Siapa yang tidak pernah berkonflik dalam keluarga? Pastilah semua pernah mengalaminya. Terpancing dengan semua emosi dari kisah film ini, cukup menguras tawa dan air mata (saya jujur menahannya, supaya jantung nggak bergejolak manja, biar aman you know).

Saya membayangkan masa tua, mungkin seperti Pak Domu, gagap komunikasi, lupa masa sekarang bukanlah masa lalu anak, takut kehilangan "akar", mungkin nanti jika jarak dan rindu memisahkan dengan anak bisa jadi saya juga berlagak kuat padahal kangen setengah mati. 

Pelajaran penting dari kisah cerita di film ini, saya dapatkan dari kata bijak dalam bahasa Batak : 
" Sabarmaho disasude gulmit ni ngolumu , alai na paling petting ima bersabar dohot emosi na adong didirim." yang artinya adalah bersabarlah dalam kesakitan dalam hidup, tetapi yang paling penting bersabar dengan emosi diri sendiri.

Memang tidak mudah, tapi demikian seharusnya, masih terus belajar melakukannya. Akhir kata saya ucapkan, selamat mencintai keluarga, iya benar ngeri-ngeri sedap, bahkan kadang sampai nyeri-nyeri kalap! Hormas 😁 

No comments:

Post a Comment